Kunjungan rombongan wartawan Amerika untuk meliput Indonesia, 1949 (3)

PENGANTAR

Di salah satu posting sebelum ini, blog ini menampilkan foto bagaimana Ki Hajar Dewantara memperlihatkan dan menerangkan pamflet PKI ke rombongan wartawan Amerika Serikat yang berkunjung ke Yogyakarta. Berikut ini tambahan dan update dari kegiatan para jurnalis ini.

Awalnya tampaknya para wartawan ini menemui Soekarno di pengasingannya di Bangka. Setelah itu mereka pergi ke Yogyakarta untuk bertemu dengan para tokoh Republik. Seterusnya, para wartawan ini berkunjung ke Jakarta untuk berbicara dengan tokoh-tokoh Serikat. Kemudian perjalanan mereka dilanjutkan ke Medan untuk berbicara dengan tokoh anti-republik.

Seperti disebutkan sebelumnya, ketika mereka meneruskan penerbangan ke India, kecelekaan pesawat menewaskan semua peserta rombongan ini. Foto-foto kegiatan mereka selama di Indonesia tapi tetap terwariskan ke kita.


Jakarta, 24 Juni 1949: Wawancara dengan Anak Agung Gde Agung dan Sultan Hamid II
(klik untuk memperbesar | © Theo van Pinxteren / AVS)
Medan, 6 Juli 1949: Wawancara dengan Tengku Mansyur
(klik untuk memperbesar | © Theo van Pinxteren / AVS)

Waktu: 24 Juni 1949; 6 Juli 1949
Tempat: Jakarta; Medan
Tokoh: Anak Agung Gde Agung (bangsawan Bali, bakal Menteri Dalam Negeri NIT, kelak Menteri Luar Negeri RI); Hamid II (Sultan Pontianak); Tengku Mansyur (Wali Negara Sumatera Timur)
Peristiwa:
Juru foto/gambar: Theo van Pinxteren
Sumber / Hak cipta: Atlas Van Stolk
Catatan:

Post a Comment

© Kaweden MY.ID. All rights reserved. Premium By Raushan Design